Mengapa Kebanyakan Pintu Rumah Terbuat Dari Kayu?


Mengapa Kebanyakan pintu rumah terbuat dari kayu? Pintu kayu merupakan sebuah pintu berbahan kayu, Peran Pintu sangat penting karena dapat memberikan keamanan dan perlindungan, Karena pintu kayu mampu memiliki ketahanan terhadap cuaca, tahan lama, dan mudah di olah dan diapareasikan sesuai dengan keinginan, Bahan alami kayu juga dapat memberikan efek pantulan suara yang rendah, dan juga lebih ramah terhadap lingkungan serta mempunyai nilai estetika, Selain itu pintu kayu juga dapat memberikan rasa tenang, nyaman, juga nuansa elegan dan keindahan yang jarang diberikan oleh jenis pintu bahan lain, dalam penggunaan yang terbatas yaitu pintu yang terbuat dari aluminium, besi dan plastic PVC.

pintu kayu

Pintu berbahan kayu¬†terdiri dari beberapa jenis. Yang paling umum adalah pintu solid yaitu pintu yang terbuat dari 100% kayu yang sudah di oven dan kayu telah di proses melalui pengeringan sehingga membuatnya tahan lama, karakteristik ¬†pada jenis kayu juga mempengaruhi kwalitas pintu kayu itu sendiri Selain itu juga terdapat pintu kayu jenis “Flush”, yang di dalamnya terdapat ruang hampa.
Flush Door dikenal pula dengan Engineering Door, teknologi ini muncul sebagai subtitusi Pintu Kayu Solid mengingat semakin sulitnya kayu keras dari hutan alam dan semakin meningkatnya kebutuhan akan pintu seiring peningkatan kebutuhan terhadap perumahan.
Berikut ini beberapa jenis kayu yang cocok digunakan sebagai pintu rumah, yaitu:

  • Kayu Jati
  • Kayu Merbau
  • Kayu Kamper
  • Kayu Nyatoh
  • Kayu Meranti

Setiap kayu mempunyai karakteristik yang berbeda.

Saat ini perumahan menengah ke bawah lebih banyak menggunakan jenis pintu Engineering Door, karena harga lebih murah akan tetapi ada kelemahan nya yaitu model dan desain tidak variatif. Mengenai kekuatan tergantung dari proses produksinya dan pemilihan bahan. Sedangkan Pintu yang terbuat dari kayu solid merupakan bahan terkuat dan paling tahan lama. karena faktor kualitas dari pintu kayu solid menjadikan harganya Cukup mahal.

Tinggalkan komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *